Makanan sehat untuk Ibu menyusui – Air susu ibu atau lebih dikenal dengan sebutan ASI, ialah nutrisi yang sangat penting bagi bayi. Kandungan dalam air susu Ibu diyakini tidak bisa digantikan karena memiliki beberapa zat yang hanya ada di dalamnya. Selain diklaim sebagai nutrisi terbaik bagi bayi, air susu Ibu juga dapat memberikan imunitas atau daya tahan tubuh serta mencegah berbagai macam penyakit.

Segala kebaikan air susu Ibu ini dapat ditunjang dengan makanan sehat yang dikonsumsi oleh ibu. Tugas para ibu menyusui ialah cermat dalam memilih makanan bergizi yang bisa mendukung produksi air susu Ibu. Ada berbagai macam jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk melancarkan air susu Ibu, seperti berikut ini.

Menjaga kadar gizi makanan selama masa menyusui ialah hal yang sangat penting. Karena hal ini berdampak pada produktivitas air susu Ibu. Ibu menyusui yang kekurangan nutrisi kemungkinan tidak bisa memberikan air susu Ibu yang baik. karena itu, sebaiknya para ibu menyusui cermat dalam memilih makanan sehat untuk disantap setiap harinya.

Berikut adalah referensi makanan sehat untuk Ibu menyusui:

  1. Telur

Selain mudah ditemui serta bahkan tidak sulit diolah, telur juga mengandung protein serta kaya akan vitamin D yang berperan dalam pembentukan tulang. Bagi Anda yang sedang menyusui, disarankan untuk mengonsumsi telur yang juga memiliki kandungan DHA dengan asam lemak esensial lebih tinggi.

  1. Sayuran Hijau

Untuk produksi air susu Ibu yang berkualitas juga melimpah, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi banyak sayuran hijau. tapi, perlu diperhatikan bahwa tidak semua sayuran hijau memiliki efek yang baik pada ibu menyusui. Selain daun katuk, bayam, lalu daun pepaya, berikut beberapa sayuran hijau, buah serta biji-bijian yang baik dikonsumsi selama masa menyusui.

Contoh sayuran hijau adalah Kacang Hijau. Selain enak dan murah, kacang hijau tentunya dapat diolah untuk dijadikan beragam macam minuman juga cemilan yang sehat bagi ibu menyusui. Kacang hijau kaya akan zat besi, vitamin B1, fosfor, magnesium, kalium serta mangan. baik sekali terutama bagi ibu menyusui yang mudah terkena anemia.

  1. Kurma

Buah yang identik dengan bulan Ramadhan ini memang kaya akan manfaat. Memiliki rasa manis dengan kadar gula rendah, kurma diperkaya vitamin, mineral, zat besi, kalsium, sulfur, tembaga, potassium, serta serat yang bermanfaat bagi tubuh.

  1. Jeruk

Buah yang satu ini dikenal sebagai sumber vitamin C yang dapat memberikan kesegaran serta kebugaran bagi tubuh. Jeruk memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu mendukung tubuh untuk terhindar dari berbagai penyakit. Buah berwarna oranye ini juga dapat membantu Anda untuk lebih segar serta terhindar dari anemia.

  1. Susu

tidak sekedar saat masa kehamilan, ibu menyusui juga sebaiknya menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi susu yang kaya akan nutrisi. Walau tidak wajib, susu dianjurkan terlebih bagi para ibu yang rentan kekurangan gizi. Susu dapat membantu ibu menyusui mendapatkan suplai kalsium yang juga berdampak pada tumbuh kembang tulang juga gigi pada bayi lewat air susu Ibu.

Pastikan Anda mendapat susu yang aman dikonsumsi serta tidak menimbulkan alergi. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter, agar cermat memperhatikan kandungan dalam susu kemasan yang ada di pasaran.

Makanan sehat untuk Ibu menyusui haruslah sesuai dengan tingkat dan kadar alergi masing-masing orang. Semoga menjadi referensi yang baik dan bermanfaat untuk Bunda di manapun berada.