Bagi kebutuhan si bayi, perihal makanan sehari-hari itu bukan hanya sekadar enak atau tidak enak. Akan tetapi, bergizi atau tidak. Salah satunya dengan mengisi menu pendamping ASI dengan bubur kacang hijau. Selagi bahan bakunya mudah didapatkan, yuk bikin. Soalnya ada 7 manfaat langsung yang bakal dirasakan oleh si kecil.

  1. Bisa Menyuplai Energi secara Efektif

Untuk semangkuk bubur saja, bisa memberikan energi untuk bayi sekitar 117 kalori. Tentu lebih bagus dampaknya dibandingkan sekadar menyuapinya dengan nasi putih. Dengan kata lain, menu pendamping ini bisa menjadi jaminan keceriaan si kecil sepanjang hari. Tapi kalau ia bosan, boleh kok imbangi dengan menu lain biar tetap energik.

  1. Bisa Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat masih usia 9 bulan, bayi memerlukan penguat sistem kekebalan tubuh ratusan kali dibandingkan dengan orang dewasa. Sebab, tubuhnya masih begitu rentan. Organ hati serta organ vital lainnya masih rentan terhadap serangan beragam penyakit dan bakteri. Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, Anda tidak perlu khawatir saat ia menjadi aktif bergerak.

  1. Bisa Membantu Tubuhnya Lebih Berisi

Keren tidak kalau ada bayi yang masih umur 9 bulan, tapi sudah kurus-kering? Pasti tidak keren, kan? Orang-orang bakal tanya, “Ini anak jarang makan, ya?” Sebagai orang tua, bagaimana perasaan Anda saat itu? Sebelum terjadi, segera dampingi pemberian ASI dengan bubur kacang hijau. Tidak mengapa jika seminggu hanya sekali. Itu sudah cukup kok.

Saat tubuhnya tumbuh lebih berisi, dipandang dari sisi mana pun pasti serba menyenangkan. Tidak hanya untuk Anda, tetapi juga orang-orang sekeliling juga bakal berpendapat begitu. Tapi jangan sampai terkena obesitas, ya. Berisi di sini masih berada dalam taraf wajar dan bisa ditolerir oleh tubuh si kecil.

  1. Mampu Membantu Pertumbuhan Tubuhnya secara Optimal

Bubur ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Apabila dikombinasikan dengan susu formula cair, tentu lebih bagus. Sebab, di usia yang baru menginjak 9 bulan, si kecil lagi butuh-butuhnya amunisi untuk pertumbuhan tubuh. Kalau terlambat, sayang nanti bisa tertinggal jauh dari teman-teman seusianya.

  1. Bisa Meredakan Stres

Masa sih anak-anak sudah bisa stres? Eh, jangan keliru. Di zaman yang serba distraktif ini, potensi mengalami stres di usia dini benar-benar ada. Salah satu fungsi bubur kacang ini adalah sebagai penenang alami untuk si kecil. Jadi, saat ia minta sesuatu dan tidak dituruti, potensi marahnya bisa berkurang. Tapi tergantung juga sih dengan pola hidu sehari-harinya.

  1. Mampu Meningkatkan Kecerdasan Otaknya

Kecerdasan itu acapkali disandingkan dengan refleks seseorang. Maka dari itu, jika ada anak yang lamban dalam bergerak maupun menerap ilmu, pasti dibilang bodoh. Betul, kan? Untuk mencegah hal itu terjadi, sediakan menu bubur kacang ini. Minimal sekali dalam sepekan. Bagaimana pun juga, kecerdasan otak si kecil sangat penting untuk membangun masa depan.

  1. Bisa Membantu Proses Pencernaannya

Di usia yang masih 9 bulan, sistem pencernaannya perlu perhatian khusus. Sebab, jika makanan yang masuk cenderung kasar, maka susah diolah. Sementara bubur kacang, rupanya mampu tercerna dengan baik. Bahkan proteinnya mampu terserap hingga 77%. Tidak jarang jika makanan ini begitu difavoritkan oleh si kecil.

Cara membuat bubur kacang hijau untuk bayi 9 bulan hampir sama dengan bubur untuk orang dewasa. Hanya saja, bagian kacangnya perlu direbus dulu hingga betul-betul lunak. Setelah itu, baru Anda bikin seenak mungkin. Boleh juga Anda haluskan dulu menggunakan blender biar nantinya lebih mudah tercerna.