Sudah pernah buka laman Ruangguru.com? Pasti kenal dong dengan pendirinya, yakni Iman Usman. Sosok inspiratif pendiri Ruang Guru ini telah banyak menuai prestasi. Mulai dari skala nasional hingga internasional. Kira-kira, apa saja sih karakter pokok yang bisa dipelajari dan ditiru dari seorang Iman Usman? Berikut 9 di antaranya.

9 Karakter Pendiri Ruang Guru

  1. Berjiwa Sosial

Sebagai makhluk sosial, karakter ini wajib kita miliki. Uniknya, Usman sudah memiliki jiwa sosial yang tinggi sejak masih kanak-kanak. Jika dibandingkan dengan ilmu pasti, tentu ilmu untuk mengembangkan karakter ini lebih penting. Sebab, hampir setiap hal memerlukan tingkah laku baik. Tidak hanya pada orang yang lebih tua, tetapi juga pada kawan sebaya.

  1. Mandiri

Jiwa serta karakter yang mandiri wajib Anda miliki selagi masih muda. Anak muda zaman sekarang bukan masanya lagi apa-apa tergantung pada orang tua. Bahkan jika bisa, kita mesti punya andil terhadap kesejahteraan orang tua dan lingkungan sekitar. Itulah yang diterapkan oleh Usman saat membangun organisasi nirlabanya semenjak masih kecil.

  1. Leadership yang Kuat

Karakter ini masih berhubungan erat dengan nomor 2. Memiliki karakter leadership yang kuat selalu terdengar dilematis. Sebab, kebanyakan anak yang lulus sekolah justru bercita-cita jadi karyawan. Tapi hal itu tidak ada dalam diri Usman. Alih-alih kerja di tempat elite, justru ia mendirikan start-up Ruangguru.com demi memperbarui kegiatan belajar-mengajar.

  1. Konsisten dengan Impian

Jika Anda saat ini memiliki banyak impian, sebaiknya pilih satu saja. Sisanya buang atau simpan di dalam buku catatan. Baru dilirik kembali saat berhasil dalam suatu bidang. Itulah yang diterapkan oleh Usman ketika sejak muda sudah bercita-cita menjadi pendidik profesional. Akhirnya, sekarang pun terwujud, bahkan bisa memfasilitasi pendidik lain.

  1. Berpikiran Terbuka

Pendiri Ruang Guru selalu berpikiran luas ketika mengarungi beragam permasalahan hidup. Saat ia main game, bahkan menjadikan sosok Harry Potter sebagai inspirasinya dalam menggapai cita-cita. Siapa sangka jika passion-nya bermula dari sebuah game yang mana dulu sering diremehkan. Anda pun bisa menemukan inspirasi di mana pun berada.

  1. Suka dengan Tantangan

Hanya para pembelajar sejati yang suka dengan tantangan. Tiada hari tanpa menantang diri untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Jika Anda memiliki karakter ini, maka masa depan cerah pun ada dalam genggaman. Di masa depan nanti, dunia tidak lagi memerlukan status pendidikan seseorang. Akan tetapi lebih memprioritaskan hasil pekerjaan dan keahlian.

  1. Punya Mobilitas Tinggi

Bergerak, bergerak, dan bergerak. Itulah yang ditanamkan dalam diri Iman Usman. Tidak heran jika dalam kurun waktu 10 bulan saja, ia berhasil menyelesaikan kuliah S2-nya. Bahkan ia pun dipercaya untuk mewakili Amerika Serikat untuk Yayasan Cinta Anak Bangsa Internasional.

  1. Inovatif

Ruangguru.com tidak akan pernah eksis jika pendirinya kurang inovatif. Sebab, di luar sana banyak sekali start-up yang bersaing di bidang pendidikan. Fitur-fitur terbaru pun sering dimunculkan oleh Ruangguru.com. Para guru profesional semakin loyal karena retention rate di Ruangguru.com tergolong tinggi, yakni 70%.

  1. Kritis dan Evaluatif

Iman Usman selalu berpikiran serta bersikap terbuka untuk siapa pun. Asalkan bisa bermanfaat untuk perkembangan Ruangguru.com, kenapa tidak? Hal itu yang sebaiknya kita tiru. Menjadi perfeksionis memang butuh waktu yang tidak sebentar. Namun dengan dedikasi yang tinggi, apa yang terasa sulit akan menjadi mudah.

Kita perlu memberi apresiasi setinggi-tingginya untuk pendiri Ruang Guru serta jajaran redaksinya. Sebab, mereka telah banyak menginspirasi ratusan, bahkan jutaan pembelajar di Indonesia. Indonesia dari tahun ke tahun telah melahirkan bibit bangsa yang berbobot. Apakah Anda siap menjadi anak bangsa terbaik selanjutnya?