Pipa air saat ini cukup dibutuhkan untuk semua kalangan hal ini disebabkan dengan menggunakan pipa air kita bisa mengalirkan air dari sumber air ke penjuru rumah yang ingin kita tuju. Namun, tak jarang ada masalah yang muncul akibat penggunaan pipa air yang salah misalnya pipa air yang mampat sehingga tidak bisa mengalirkan air dengan baik. Pipa yang mampat dapat disebabkan berbagai kondisi namun yang paling umum terjadi yakni pemilihan pipa yang kurang tepat.

Pilih Pipa yang Terhindar dari Sinar Matahari

Kadang jika kita sedang berada di toko bahan bangunan kita sering melihat pipa yang diletakkan di luar toko, cara memilih pipa yang baik yakni menghindari pipa yang sudah terjemur matahari. Mengapa harus dihindari? Umumnya pipa yang sudah terkena panas matahari memiliki ukuran yang lebih besar. Selain itu tentu saja pastikan harga pipa air yang anda pilih sudah sesuai dengan budget yang anda miliki.

Pilih Pipa PVC yang Baik

Jika berbicara tentang pipa air maka anda akan lebih sering menemukan jenis pipa dari bahan PVC. Salah satu jenis pipa PVC yang mudah anda dapatkan di lapangan yakni pipa uPVC dan biasanya dibedakan menjadi dua kelas. Tentu saja perbedaan ini cukup berpengaruh terhadap  harga pipa air yang anda pilih.

  1. Pipa uPVC Tipe D

Pipa jenis ini memiliki ketebalan sedang dan mampu menahan tekanan hingga 5kg/cm2. Jika anda ingin menggunakan pipa jenis ini maka anda harus memakai lem khusus untuk pipa uPVC agar nantinya sambungan pipa tetap kuat.

Pipa uPVC tipe D yang tersedia di pasaran misalnya merk Rucika biasanya ditandai dengan strip merah yang berada di sepanjang pipa. Biasanya masyarakat banyak menggunakan pipa ini untuk mengalirkan air yang tidak memiliki tekanan misalnya pembuangan air yang berasal dari wastafel, dapur, kitchen sink dan water closet.

  1. Pipa uPVC Tipe AW

Pipa ini merupakan jenis pipa uPVC yang paling mahal dan tentu saja harga pipa air uPVC lebih mahal dibandingkan jenis pipa sebelumnya. Meskipun harganya lebih mahal, namun jenis pipa ini lebih kuat dan lebih awet. Pipa uPVC tipe AW bahkan dapat menahan tekanan hingga 10kg/cm2. Pipa uPVC tipe AW yang cukup terkenal di pasaran berasal dari merk Rucika.

Pipa uPVC tipe AW dapat digunakan untuk mengalirkan air yang berasal dari dalam pipa bertekanan. Hal ini disebabkan pipa tipe AW lebih tebal. Rucika membedakan jenis pipa ini dengan memberikan strip warna biru.

Kisaran harga pipa air jenis uPVC umumnya dari 34.900 hingga 2.000.000 per meternya tergantung pada ketebalan serta diameter pipa yang anda pilih. Jadi, sudah tahu kan bagaimana tips dalam memilih pipa air yang tepat?