Mengobati Gigi Berlubang Yang Membandel

Lebih sulit mencari obat sakit gigi berlubang, daripada mencari obat untuk sakit hati. Maka dari itu, istilah “lebih baik sakit gigi daripada sakit hati” itu salah kaprah, gan. Nyatanya, sakit gigi terlebih sakit gigi berlubang sangat menyiksa secara lahir dan batin.

Sudahi intermezo, mari lebih serius. Sakit gigi ialah suatu penyakit yang terjadi akibat nyeri pada gigi, terasa cenat cenut, menyengat hingga ke sendi-sendi tubuh dan pastinya tidak tertahankan.

Penyebab terjadinya sakit gigi sangat beragam, antara lain:

  1. Karies gigi
  2. Gigi berlubang
  3. Gingivitis
  4. Dan lain sebagainya

Bahkan, dalam ilmu kedokteran, sakit gigi terjadi sebagai awal mula gejala penyakit yang lebih serius, seperti skait jantung hingga stroke.

Dan efek samping yang paling ringan dari sakit gigi adalah kepala pusing hingga tak bisa tidur nyenyak karena rasa sakit yang membuat Anda merintih terus menerus.

Segera Eksekusi Gigi Berlubang, Jangan Dilakukan Pembiaran

Pada awalnya, yang terasa hanya sebatas nyeri dan cenut, serta rasa sakit yang masih dapat diahan. Namun jika Anda melakukan pembiaran, maka lama kelamaan gusi mulai membengkak dan rasa sakit bertambah berkali kali lipat. Jika sudah seperti ini, maka Anda harus segera mencari obat sebelum rasa sakit menyiksa hari-hari Anda.

Untuk masalah gigi berlubang sendiri, banyak sekali cara tradisonal yang mulai marak menjadi rujukan kembali. Namun jika rasa sakit sudah tidak tertahan, maka obat kimia pun menjadi pilihan asalkan rasa sakit mereda.

Namun, tahukan Anda, untuk pengobatan sakit gigi, terlebih dahulu harus mengetahui jenis sakitnya. Karena yang biasanya terjadi, penyebab sakit gigi bermula karena masalah gigi berlubang atau berongga. Padahal sebenarnya tidak sesederhana itu, banyak sekali kemungkinan yang dapat Anda temukan saat berkonsultasi dengan dokter gigi secara serius. Mulai dari:

  • Gangguan Temporomandibular Joint (TMU), sakit rahang bawah mulut
  • Akar gigi yang sensitif
  • Akibat penyakit gusi
  • Erosi gigi
  • Impaksi gigi
  • Sindrom gigi retak
  • Ketidakseimbangan hormon

Semua hal diatas dapat menjadi penyebab utama masalah sakit gigi Anda.

Resep alami tradisional untuk obat sakit gigi berlubang

Saat pertama kali Anda merasakan gejala ngilu pada akar gigi atau gusi, maka cara berikut ini dapat menjadi rekomendasi yang cocok untuk Anda coba. Sebagian besar orang yang pernah atau sering mengalami sakit gigi mungkin sudah mengatahui resep berikut. Bagi Anda yang belum tahu, teruskan membaca:

  1. Kompres untuk mengurangi rasa sakitnya

obat sakit gigi berlubang

Anda dapat mengkompres bagian yang sakit menggunakan kain tipis yang terlebih dahulu direndam air dingin. Ini adalah langkah awal untuk penanganan sakit gigi yang praktis dan mujarab.

Namun jangan salah kaprah, jangan pernah mengkompres bagian yang sakit dengan es secara langsung. Karena akan menghasilkan kebalikannya. Sebab, pada saat sakit, gigi Anda akan jauh lebih sensitif pada panas dan dingin yang berlebihan.

  1. Terapi minyak cengkeh

obat sakit gigi berlubang

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit gigi adalah dengan menempel minyak cengkeh langsung pada gigi yang sakit. Caranya rendam atau olesi kapas dengan minyak cengkeh, lalu tempelkan langsung pada gigi yang sakit. Jepit atau gigit kapas agar tidak lepas. Biarkan untuk waktu yang agak lama, lakukan secara teratur dan sakit Anda akan segera mereda. Membayangkannya saja sudah terasa “gurih”, bukan?

  1. Berkumur dengan garam

obat sakit gigi berlubang

Merupakan cara tertua untuk mengatasi rasa sakit gigi, warisan turun temurun dari nenek moyang dan para leluhur. Berkumur dengan air garam merupakan hal yang paling sering dilakukan saat seseorang mengalami sakit gigi. Caranya cukup campurkan air putih dengan air garam, lalu berkumur beberapa saat, kemudian bilas dan kumur dengan air bersih. Lakukan cara ini setelah Anda menggosok gigi terlebih dahulu dengan pasta gigi yang baik.

Tips: hindari membersihkan gigi setelah makan dengan tusuk gigi atau sapu lidi, hal ini malah akan membuat gusi Anda bengkak dan menambah parah sakit yang diderita. Menyikat gigi dengan benar juga ampuh untuk membersihkan sisia makanan yang nyangkut di gigi. Semoga bermanfaat.