Menjalankan ibadah merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan setiap umat islam. Ada berbagai jenis ibadah yang bisa dilakukan dimanapun sesuai waktu yang ditentukan. Melaksanakan ibadah memiliki banyak manfaat mulai dari mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, mendapatkan pahala hingga menenangkan hati.

Meski ibadah merupakan hal yang akrab dilakukan sehari-hari, namun ada beberapa ibadah yang hanya bisa dilakukan dalam waktu-waktu tertentu. Ada juga ibadah-ibadah yang baru bisa dilakukan oleh orang-orang yang memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Ibadah tersebut diantaranya adalah ibadah umroh. Ada berbagai penyedia jasa yang menyediakan paket umroh reguler dan paket lainnya bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah ini.

Ibadah yang sering disebut sebagai haji kecil ini sebenarnya bisa dilakukan oleh semua umat islam tanpa terkecuali. Namun karena ibadah ini harus dilaksanakan di kota Mekkah, ada beberapa persyaratan terutama persyaratan administrasi yang harus dipenuhi sebelum pelaksanaannya. 

Sebenarnya tidak ada ibadah yang harus melewati proses kelengkapan administrasi terlebih dahulu. Setiap umat beragama bebas melakukan ibadah sesuai ketentuan dan tata caranya masing-masing. Namun karena ibadah haji kecil harus dilakukan di kota Mekkah yang berada di luar negeri menyebabkan persyaratan administrasi tersebut wajib dipenuhi. Aspek keamanan selama beribadah juga merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan mengapa persyaratan administrasi dibutuhkan. 

Untuk melakukan ibadah umroh reguler, Anda bisa memilih waktu sesuai dengan jadwal yang Anda miliki. Persyaratan administrasi yang harus dipenuhi juga tidaklah sulit. Hampir seluruh persyaratan administrasi bisa dengan mudah Anda temukan. Apa saja persyaratan tersebut ? Berikut ulasannya.

Data Diri Dan Pas Foto

Data diri merupakan salah satu persyaratan yang pasti ada dalam setiap aktifitas. Data diri merupakan persyaratan yang memilik manfaat yang penting salah satunya adalah menjaga keamanan. Anda hanya perlu mengumpulkan data pribadi seperti KTP, kartu keluarga,dan surat nikah. Selain itu Anda juga harus memberikan akta lahir anak jika Anda memboyong anak Anda untuk ikut haji kecil.

Selain data diri tersebut, Anda juga harus menyetorkan pas foto berukuran 3 x 4 sebanyak 5 lembar dan 4 x 6 sebanyak 5 lembar untuk persyaratan umroh reguler. Data diri dan pas foto ini nantinya akan digunakan sebagai data dalam beberapa keperluan seperti pendaftaran ibadah, pendaftaran tempat tinggal, dan lain-lain.

Paspor

Persyaratan administrasi lainnya yang wajib dipenuhi saat Anda akan melaksanakan haji kecil adalah paspor. Paspor merupakan syarat wajib yang harus selalu ada jika Anda akan bepergian ke luat negeri. Jika Anda menggunakan biro jasa untuk mengurus keperluan ibadah haji kecil Anda, biro jasa tersebut juga akan membantu menyelesaikan urusan paspor yang diperlukan. Pastikan paspor Anda masih berlaku agar proses ibadah umroh reguler Anda berjalan dengan lancar.

Kartu Kuning Meningitis

Persyaratan lainnya yang wajib Anda miliki adalah kartu kuning meningitis. Anda bisa mendapatkan kartu ini dengan membawa pas foto 4 x 6 sebanyak 1 lembar serta fotocopy paspor. Untuk membuat kartu ini, Anda bisa membuatnya di kantor kesehatan bandara. Persyaratan ini merupakan salah satu persyaratan yang mudah dipenuhi.

Itulah persyaratan yang wajib Anda kumpulkan sebagai prasyarat ibadah haji kecil yang akan Anda lakukan. Jika Anda khawatir ada persyaratan yang kurang, alangkah baiknya Anda menggunakan biro jasa tertentu yang telah memiliki kualitas baik untuk menfasilitasi ibadah umroh reguler Anda. Dengan menggunakan biro jasa, Anda bisa lebih khusyuk selama beribadah tanpa mengkhawatirkan banyak hal.