Termometer merupakan Suatu alat yang digunakan untuk mengukur suhu badan. Termometer ada dua jenis, pertama termometer digital dan yang kedua manual atau analog. Pada Termometer manual atau termometer analog memiliki bagian-bagian terdiri dari tabung, penanda, dan zat yang bisa bereaksi dengan suhu tubuh. Pada Termometer terdapat zat yang berfungi sebagi penanda suhu tubuh. Zat tersebut mampu berubah warna atau mengembang naik atau turun mengisi ruang kosong pada tabung ketika bereaksi dengan suhu tubuh kita.

Fungsi termometer Selain untuk mengukur suhu tubuh, bisa juga digunakan sebagai alat laboratorium sebagai alat mengukur suhu udara atau objek lain. Fungsi utamanya termometer ialah sebagai alat pengukur suhu. Ada berbagi jenis termometer yang sering di gunakan untuk mengukur suhu. Berikut adalah beberapa jenis termometer yang digunakan untuk mengukur suhu badan:

Jenis-jenis Termometer yang Digunakan untuk Mengukur Suhu Badan

  1. Termometer Digital

Termometer digital mampu bereaksi dengan cepat dan juga akurat pada saat digunakan untuk mengukur suhu tubuh kita. Termometer ini memiliki bayak sekali bentuk yang berbeda-beda, akan tetapi fungsi dan kegunaannya sama. Untuk Anda yang ingin memiliki termometerter digital anda bisa dengan mudah mendapatkannya.

Pada ujung termometer digital terdapat sebuah sensor suhu. Bila sensor tersebut ditempelkan pada tubuh kita, maka secara otomatis termometer akan menunjukkan nilai suhu tubuh kita.

Cara Penggunaan Termometer Digital

  • Gunakan di Mulut

Untuk penggunaan termometer digital anda bisa menggunakannya di mulut dengan cara menempelkan sensor di bawah lidah selanjutnya bibir anda di tutup. Tunggu beberapa detik sampai nilai termometer digital muncul.

  • Gunakan di Anus

Pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer digital bisa juga digunakan lewat anus. Pada metode ini bisanya dilakukan pada bayi, karena mudah bergerak jika memasukan termometer dalam mulutnya. Jadi digunakanlah metode ini. Untuk caranya kita tinggal memasukan sensor termometer digital pada anus bayi, dan tunggu sampai nilainya keluar.

  • Gunakan di Ketiak atau di Bawah lengan

Cara penggunaan termometer digital yang terakhir adalah dengan cara menempelkan sensor termometer digital pada ketiak atau di bawah lengan anda. Pasti termometer digital tersebut akan memunculkan nilai suhu tubuh anda.

  1. Termometer Air Raksa

Termometer air raksa adalah salah satu termometer manual. Pada termometer jenis ini memiliki tabung yang berisi air raksa. Air raksa tersebut berfungsi untuk menunjukkan nilai suhu tubuh kita. Biasanya jenis termometer ini memiliki sensitivitas yang cukup lambat bila kita bandingkan dengan termometer digital. Untuk cara penggunaanya sama seperti menggunakan termometer digital. Seperti tertera pada uraian di atas.

  1. Termometer empeng bayi

Termometer empeng bayi memiliki bentuk sama persis seperti dot. Hal ini sangat membantu untuk pengukuran suhu tubuh pada bayi. Cara penggunanya tinggal memasukan ujung termometer pada mulut bayi. Tunggu beberapa saat sampai nilai suhu tubuh bayi muncul.

  1. Termometer telinga

Terakhir adalah jenis termometer telinga, termometer jenis ini biasanya digunakan untuk mengukur suhu pada bagian dalam telinga. Pada alat ini digunakan sinar inframerah yang berfungsi untuk membaca suhu pada bagian dalam telinga. Cara penggunanya juga sangatlah mudah, kita tinggal menekan tombol pada termometer tersebut dan mengarahkan sinar inframerah ke dalam telinga. Dengan sekejap LCD termometer tersebut menampilkan nilai suhu. Termometer ini tergolong kedalam termometer digital, karena termometer ini diolah secara elektrik untuk menampilkan data suhu tubuh.