Tidak Punya Waktu Banyak? Begini Cara Perpanjang SIM Melalui Online

Otomotif15 views

Setiap orang tentu memiliki kesibukannya masing-masing setiap hari, ada yang bekerja bahkan ada yang berbisnis. Makanya banyak orang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus hal-hal lainnya padahal hal tersebut sangatlah penting seperti memperpanjang SIM. Jika masa berlaku SIM sudah hampir 5 tahun maka harus dilakukan perpanjangan untuk 5 tahun ke depan. Jangan sampai kelewat karena jika kelewat 1 hari maka tidak bisa diperpanjang dan harus membuat baru seperti saat pertama kali.

Apalagi sekarang mengurus perpanjangan SIM sangatlah mudah dan tersedia juga metode online. Makanya tidak ada alasan bagi orang yang memang tidak punya waktu untuk memperpanjang dokumen penting satu ini. Jika sebelumnya kebanyakan orang masih memperpanjang SIM dengan cara offline maka sekarang harus memanfaatkan cara online. Cara yang satu ini sangat efektif untuk orang-orang yang memiliki kesibukan sehingga tidak punya waktu untuk datang ke SATPAS yang terdekat dari rumah. Untuk membantu setiap orang mengetahui cara perpanjangan SIM online, maka berikut ini akan dibahas lengkap:

  • Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah menginstall aplikasi Korlantas Polri di smartphone baik sistem operasi Android maupun iOS.
  • Lengkapi semua profil yang dibutuhkan dan lakukan verifikasi melalui 2 cara yaitu email atau nomor ponsel.
  • Siapkan semua dokumen pendukung seperti SIM yang lama, tanda tangan, pas foto berlatar biru, dan yang tidak kalah penting adalah KTP.
  • Lakukan tes jasmani secara online dengan klik erikkes.id dan juga tes psikologi dengan klik app.eppsi.id, keduanya juga bisa diakses langsung melalui ponsel.
  • Setelah semuanya sudah lengkap, dilanjutkan dengan buka aplikasi Korlantas Polri kemudian pilih SINAR dan pilih perpanjang SIM.
  • Upload semua dokumen yang telah disiapkan karena termasuk syarat perpanjang SIM baru untuk 5 tahun ke depan.
  • Pilih SATPAS yang terdekat dan ingin dituju untuk pengambilan SIM baru.
  • Jika memang pengajuan ditolak, maka tambahkan nomor rekening agar bisa dilakukan pengembalian dana.
  • Jika pengajuan diterima, maka selanjutnya adalah menentukan metode pengamilan SIM bisa ambil sendiri atau dikirim dengan Pos Indonesia.
  • Selanjutnya segera lakukan pembayaran sesuai dengan virtual account yang tercantum.
  • Selalu periksa status transaksi kemudian isilah indeks kepuasan konsumen jika sudah menerima pesan untuk pengambilan SIM baru.

Cara online diatas tentunya bisa dimanfaatkan sekarang juga apalagi setiap hari dipenuhi dengan beragam kesibukan. Jika SIM sudah jadi maka masa berlakunya 5 tahun dan bisa langsung mengendarai kendaraan baru. Bagi yang tertarik tukar tambah mobil lama dengan yang baru maka bisa dilakukan lewat platform mobbi. Platform yang pernah terkenal dengan sebutan mo88i ini bukan hanya jual beli saja tetapi menyediakan layanan yang memang dibutuhkan banyak orang yaitu tukar tambah mobil lama ke mobil bekas yang lebih baru.