by

Tips agar Cepat Haid yang Jarang Diketahui oleh Perempuan

Tips cara cepat haid dapat dilakukan dengan cara yang aman seperti mengonsumsi vitamin C atau memakai kontrasepsi hormonal. Terkadang untuk beberapa orang haid sering mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika menstruasi muncul saat dalam acara penting.

Haid adalah hal alami yang hampir terjadi kepada semua perempuan yang diawali ketika memasuki usia pubertas. Menstruasi atau haid ini adalah sebuah proses pelepasan dinding rahim endometrium yang diiringi dengan pendarahan dan terjadi secara berulang kali setiap bulan terkecuali ketika dalam masa kehamilan.

Haid yang terjadi berulang kali setiap bulan akhirnya membentuk siklus haid pada seorang perempuan. Biasanya haid berlangsung selama 5 sampai 7 hai dengan siklus normalnya adalah 28 sampai 35 hari. Nah, untuk lebih lengkapnya simak ulasan mengenai tips agar cepat haid berikut ini:

1. Memakai Kontrasepsi Hormonal

Tips agar cepat haid pertama adalah memakai kontrasepsi hormonal dan dapat dikatakan ampuh karena bisa mengubah siklus menstruasi. Jenis kontrasepsi hormonal yang bisa dipakai adalah cincin vagina dan pil. Pil ini adalah gabungan dari hormon progesterone dan estrogen. Bila dikonsumsi selama 21 hari, kemudian dihentikan atau diganti dengan pil placebo selama 7 hari, pada waktu 7 hari tersebut haid akan terjadi. Supaya lebih cepat, kamu bisa menghentikan pemakaian pil kontrasepsi tersebut. Tapi, bila pemakaiannya dihentikan, kemungkinan kehamilan pun meningkat.

2. Diet untuk Menjaga Berat Badan

Perubahan berat badan pada seorang perempuan bisa memengaruhi siklus menstruasi dan berakibat pada haid yang terlambat. Berat badam yang terlalu rendah akan mengakibatkan haid menjadi tidak teratur atau justru berhenti. Sebab, tubuh memerlukan lemak guna memproduksi hormon yang berkaitan dengan menstruasi. Sebaliknya, mempunyai berat badan berlebih akan membuat siklus menstruasi tidak teratur. Itulah mengapa menjaga berat badan adalah salah satu tips agar cepat haid.

3. Berhubungan Seksual

Tidak banyak yang tahu bahwa berhubungan seksual dapat meningkatkan kecepatan masa haid. Orgasme ketika berhubungan seksual akan memantik terjadinya menstruasi. Orgasme ketika melakukan hubungan seksual akan membuat leher rahim menjadi lebih lebar. Ini akan membuat daya menarik darah menstruasi turun sehingga haid akan lebih cepat terjadi. Selain itu, berhubungan seksual juga bisa mengurangi stres dan membuat siklus haid menjadi lebih teratur.

4. Konsumsi Nanas

Mengonsumsi buah-buahan tertentu dipercaya akan membuat siklus menstruasi menjadi lebih cepat. Nanas sangat kaya akan kandungan bromelain yakni enzim yang bisa memengaruhi estrogen dan hormone lain. Enzim tersebut diyakini akan membantu untuk meredakan inflamasi atau peradangan pada rahim. Oleh sebab itu, mengonsumsi nanas dapat menjadi salah satu alternatif untuk mempercepat haid. Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut harus dilakukan.

5. Konsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C dengan cukup diyakini bisa meningkatkan kadar hormon estrogen dan juga menurunkan kadar hormon progesterone. Oleh karena itu, kondisi tersebut akan membuat rahim berkontraksi sehingga mempercepat datangnya menstruasi. Bila ingin mencoba tips ini, kamu bisa mengonsumsi jeruk, buah-buahan berry, brokoli, bayam, kubis, tomat, dan lain sebagainya.

News Feed