by

Tips dan Cara Membuat Resep Semur Ayam Kecap

Semur merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang menjadi favorit banyak orang, semur adalah olahan berbumbu kecap dan bawang, perpaduan antara hitam manis dari kecap dan gurih dari bawang menjadi kombinasi yang paling enak. Bumbu yang menyerap hingga ke tulang-tulang ayam menjadi alasan mengapa semua orang menyukai makanan ini.

Berikut ini adalah tips membuat semur ayam yang nikmat :

  • Pemilihan ayam

Hal pertama untuk diperhatikan dalam pembuatan semur ayam tentu adalah bahan baku ayamnya. Baik ayam potong atau ayam kampung semuanya bisa dijadikan semur, penyerapan bumbu pada ayam kampung pasti lebih sempurna karena waktu masak yang lama, kuah lebih segar dan gurih rasanya. Sementara itu jika kita menggunakan ayam potong atau ayam negeri, masakan akan lebih cepat empuk, namun kuah semur lebih berlemak karena kandungan lemak yang tinggi pada ayamnya.

  • Memotong ayam

Untuk membuat semur, kita bisa memotong ayam menjadi 8-20 bagian potongan tergantung selera. Ayam bisa digoreng kalua takut ayam hancur karena direbus lama, tetapi nanti hasilnya kuah semur kurang berkaldu, kita jadinya menggantungkan citra rasa kepada bahan rempah-rempah semur. Selain ayam dipotong-potong, kita bisa membuat semur dari daging ayam saja dengan cara membuat bola-bola. Daging ayam dihaluskan dan kemudian dibentuk seperti bola atau baso.

  • Penggunaan bumbu semur

Bumbu dasar semur adalah bawang merah, jahe, bubuk pala, tomat, merica, dan kecap manis, selain bumbu dasar tersebut kita bisa mengembangkan rasanya dengan menggunakan ketumbar, bawang putih, lengkuas dan daun salam. Semur dapat lebih harum jika kita menambahkan cengkeh, jintan dan kayu manis.tetapi umumnya Cuma menggunakan kayu manis dan cengkeh. Hanya di beberapa daerah saja yang menggunakan bumbu pengharum yang lengkap.

Sebenar nya resep semur ayam kecap ini sangat gampang, kalian bisa membuatnya sendiri dirumah, berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat semur ayam kecap.

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

1 ekor ayam, 100 ml kecap manis, 1 ruas jahe, 7 buah cengkeh, 1 sendok the pala bubuk, atau ½ butir pala yang diparut, 4 lembar daun salam, 1 ruas lengkuas, 1 batang serei yang dihaluskan, 2 sendok bawang merah yang telah digoreng, 1 liter air.

  1. Bahan-bahan yang digunakan untuk bumbu halus

2 sendok the ketumbar, 2 sendok the merica, 6 buah kemiri, 2 sendok the garam, 1 sendok teh kaldu bubuk ayam, 10 butir bawang merah, 6 butir bawang putih.

  1. Potong dan cuci ayam hingga bersih

Sebelum di masak, potong satu ekor ayam menjadi beberapa bagian setelah itu, cuci ayam dan rendam dagingnya di dalam air hangat selama 15 menit. Selesai direndam bilas ayam dengan air yang mengalir , cara mencuci tersebut bertujuan untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada ayam.

  1. Letakkan bumbu halus pada panci,lalu tumis dulu sebelum memasukkan ayam

Siapkan panci dengan kompor yang sedang menyala, lalu letakkan bumbu halus untuk ditumis Bersama jahe, pala, cengkeh, daun salam, lengkuas dan serei. Setelah itu masukkan ayam kedalam bumbu halus yang telah ditumis dan aduk hingga merata. Tunggu beberapa menit sampai ayam menjadi setengah matang.

  1. Tambahkan air dan campurkan kecap manis

Ketika ayam sudah setengah matang, masukkan air dan kecap manis kedalam panci, setelah itu aduk hingga merata dan ayam akan matang dengan tekstur yang empuk,,jangan matikan kompor sebelum bumbu meresap pada ayam dan kuahnya mengental.

Sekian informasi tentang tips dan cara membuat resep semur ayam kecap semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

News Feed